Peresmian Chapter Persaudaraan Dominikan Awam di Indonesia

Tiga Persaudaraan Dominikan Awam (Chapters) di Indonesia secara kanonis dibentuk oleh dekrit yang dikeluarkan oleh Fr. Napoleon B. Sipalay, Jr., Dominikan Provinsi Philippines (DPP). DPP memiliki dua Rumah yang didirikan secara yuridis di Indonesia: Rumah Santo Dominikus di Pontianak (2006) dan Rumah Santo Tomas Aquino di Surabaya (2013).

Para Uskup dan Romo Paroki dengan senang

hati mendukung pendirian kanonik Dominikan Awam di Pontianak, Surabaya dan Yogyakarta. Uskup Agustinus Agus dari Pontianak, Uskup Vincentius Sutikno Wisaksono dari Surabaya dan Uskup Robertus Rubiyatmoko dari Semarang / Yogyakarta. Imam Paroki: Fr. Gregorius Sabinus, OP Pontianak, Fr. Adrian Adirejo, OP Redentor Mundi, Surabaya dan Rm. Aldofus Suratmo Atmomartaya dari Yogyakarta.


Fr. Giuseppe Pietro V. Arsciwals, Promotor Dominikan Awam, DPP, memimpin pembentukan kanonik di Pontianak pada 15 Januari 2018, Surabaya pada 16 Januari 2018 dan Yogyakarta pada 17 Januari 2018.

Dr. Belen L. Tangco, Presiden, Dewan Provinsi Dominikan Awam, DPP, dan Koordinator Asia-Pasifik pada Dewan Internasional Dominikan Awam, membaca Dekrit di depan anggota Dominikan Awam (DA) di setiap tempat pendirian.

Keputusan resmi diserahkan oleh Pater. Giuseppe Arsciwals, kepada Presiden masing-masing Dominikan Awam: Fransiskus Edy dari DA Chapter St. Dominikus, Pontianak; Wellem Hemfry Elim Kusuma dari DA Chapter St Thomas Aquinas, Surabaya; dan Robertus Belarminus Adi Ismawan dari DA Chapter St Martinus de Porres, Yogyakarta.

Fr. Andreas Kurniawan, Koordinator Imam Dominikan Awam, memimpin Perayaan Ekaristi di Kapel Rumah Santo Dominikus, Pontianak dengan Fr. Edmund Nantes, Rektor, Seminari dan Vikaris Provinsi. Fr. Yohanes Robini Marianto dan Pater. Giuseppe Arsciwals sebagai konselebran. Serta Sr. Benedita Nogueira, sebagai Asisten Agama dan komunitas, yang memfasilitasi akomodasi dan persekutuan.

Di Surabaya, Fr. Joseto Bernadas, Jr., Asisten Gerejawi (Direktur Spiritual) dan Promotor Dominikan Awam di Surabaya, memimpin perayaan Ekaristi. Konselebran adalah Pastor. Filemon de la Cruz, Superior dari Komunitas Dominikan dan Fr. Giuseppe Arsciwals. Fr. Adrian Adirejo, Pastor Paroki Redentor Mundi Parish.

Di Yogyakarta, Fr. Andreas Kurniawan, memimpin perayaan Ekaristi dan menyampaikan homili. Imam Paroki Baciro di Yogyakarta Romo Aldofus Suratmo Atmomartaya dan Fr. Giuseppe Arsciwals sebagai konselebran.

Theophilus Atmadi, Koordinator Nasional Dominikan Awam di Indonesia dan Stephanus Suriaputra, Presiden, DA Chapter St. Catherine dari Siena (Est. 2017) turut mendampingi Pater. Arsciwals dan Dr. Tangco ke tempat-tempat pendirian kanonik, termasuk kunjungan mereka ke Komunitas Dominikan Awam Cirebon dan
Jakarta. Para Suster Dominikan di Indonesia juga mendukung dan berbagi peran dalam perayaan tersebut: Sr. Anna Marie Dwiyanti, Sr. M. Elisabeth Sukamdo, Sr. M. Krisanti di Yogyakarta; Sr. M. Hermine di Surabaya; Sr. M. Gabriela dan Sr. Albertine di Cirebon.

 

Download
Aplikasi Play Store
Doa Ofisi (Brevir)

 

Dominikan.Id © 2018-2020